Cara Membuat Animasi Frame By Frame

ANIMASI FRAME BY FRAME

Pada   dasarnya animasi frame by frame adalah sebuah animasi yang menampilkan object di setiap frame secara berurutan hingga menjadikan suatu gerakan yang urut. Animasi frame by frame sangat dipengaruhi oleh FPS.




Apakah yang dimaksud dengan FPS? 
FPS singkatan dari Frame Per Second yang mempunyai maksud jumlah gerakan yang akan dilakukan suatu frame tiap detiknya.

Dalam satu detik sebuah gerakan animasi dapat menjalankan beberapa frame sekaligus secara cepat Tergantung pada kita akan mengatur beraka kecepatan dari FPS.
Animasi frame by frame sering digunakan untuk sebuah gerakan animasi yang membutuhkan kedetailan dan kehalusan. Karena tiap tiap frame akan dimasuki object yang tersusun rapi dalam sebuah keyframe yang tidak sama. Membuat keyframe pada animasi frame by frame sedikit berbeda dengan membuat keyframe pada animasi tween. Karena pada animasi tween keyframe hanya dibuat di titik awal dan titik akhir dari suatu gerakan. Akan tetapi pada animasi frame by frame ini kita dituntut untuk membuat keyframe di setiap gerakan.
Berikut langkah-langkah untuk membuat sebuah animasi frame by frame yang sangat sederhana. Mengapa sangat sederhana? Agar kita lebih mengetahui dahulu cara kerja dan prinsip kerja dari animasi frame by frame. Berikut langkah demi langkah untuk membuat suatu animasi frame by frame sederhana.

1.  Bukalah aplikasi flash yang sobat punyai. Untuk kali ini saya akan menggunakan macromedia flash professional 8.
2.  Kemudian pilihlah rectangle tool (R) pada toolbox yang tertera pada bagian kiri layar dan mulailah membuat object balok pada stage dengan cara klik dan drag, jangan lupa untuk sobat ganti warna fill object agar berbeda dengan warna dari background.





3.  Kemudian klik kanan pada frame ke-1, pilihlah insert keyframe maka akan muncul secara otomatis frame yang ke-2.


4.  Setelah itu pilihlah frame ke-2, lalu klik free transform (Q), sedikit putarlah balok tersebut dan geser sedikit ke bawah kurang lebih seperti gambar di bawah ini.

5.     Setelah frame ke-2 selesai, lakukanlah hal yang sama di fame ke-3 Putar dan geser sedikit ke bawah balok tersebut.

 
                                                                                                   
6.     Ulangi langkah langkah diatas hingga balok tersebut sampai di bagian bawah stage.


7.    Setelah selesai sobat semua dapat menjalankan animasi tersebut dengan  cara menekan enter atau juga bisa tekan ctrl+enter. Dan gambar di bawah ini merupakan visualisasi pergerakan dari animasi frame by frame yang sederhana.



          Pasti sobat semua ada yang bertanya kenapa sanggat sederhana? Ya karena langkah langkat di atas hanya merupakan dasar dari pembuatan animasi frame by frame. Yang terpenting kita mengetahui dasar dari sebuah animasi frame by frame. Setelah sobat semua mengetahui dasar dari animasi frame by frame sobat semua dapat mengembangkanya menjadi sebuah animasi yang sangat bagus.