Membuat Animasi Masking Sederhana


 kita semua telah mengenal apa itu animasi 2Dada banyak macam macam animasi 2D yaitu motion guide,tweening,masking. pada postingan ini dibahas mengenai cara untuk membuat animasi tweening sederhana.Mask sendiri merupakan salah satu fasilitas yang terdapat di macromedia flash yang mampu untuk membuat object gambar ditampilkan sesuai dengan object shape yang kita buat. Animasi masking sendiri mempunyai arti animasi yang bekerja menutupi suatu object dengan object lain. sehingga object yang menutupi terlihat lebih transparan dan manyatu dengan object yang dibelakangnya atau yang ditutupi. Prinsip kerja yang dilakuakan oleh animasi masking yaitu menampilkan object yang yang tertutup dan menampilkan obect yang terbuka.


Agar lebih paham dengan animasi masking alangkah baiknya praktekan langkah langkah untuk membuat animasi masking berikut ini

1.    Bukalah aplikasi macromedia flash
2.    Seletah itu buatlah tulisan dengan menggunakan text tool. Pada kali ini saya akan membuat tulisan raberkom.
3.    Lalu klik pada frame ke 15, buatlah keyframe dengan cara klik kanan pada frame 15, pilih insert keyframe.  Akan Maka frame ke 15 akan terlihat seperti gambar di bawah.

4.    Setelah membuat keyframe pada layer 1 langkah selanjutnya yaitu membuat layer baru. Langkah untuk membuat layer baru dengan cara klik insert layer  pada tameline
5.    Kemudian masuk ke layer 2 dengan cara klik layer 2 lalu buatlah object misalnya pada gambar di bawah ini.

6.    selanjutnya klik frame ke 15 di layer 2 dan buatlah keyframe dengan cara klik kanan lalu  pilihinsert keyframe, jika hal itu sudah maka selanjutnya yaitu geserlah object dari smping kiri ke samping kanan tulisan. Kemudian klik diantara frame 1 dan 15 lalu klik kana dan pilih create motion tween.



7.       Tahapan selanjutnya klik kanan di layer 2 lalu pilih mask.


8.       Klik enter untuk melihat hasil dari animasi masking sederhana atau bisa juga klik ctrl+enter untuk melihat hasilnya.



Langkah langkah diatas merupakan cara untuk membuat animasi masking sederhana, langkah langkah tersebut dapat temen temen semua kembangkan menjadi animasi yang lebih bagus.