Membuat object menggunakan aplikasi blender memang untuk sebagian orang
ada yang mengganggap mudah dan sulit. Tergantung dari kebiasaan masing masing. untuk
kali ini saya akan membuat object asbak di aplikasi blender. Unuk kali ini saya
menggunakan aplkikasi blender 2.79. sebenarnya tidak ada perbedaan yang cukup
jauh dengan versi yang lainya. Sebelum membuat object terlebih dahulu buka
aplikasi blender.
1.
Langkah
yang pertama adalah buat silinder dengan cara shif + A pilihlah mesh →
cylinder atau bisa juga dengan klik tombol create di samping kiri dan pilih
cylinder
2.
Aturlah
parameter object cylindernya sebelum parameternya hilang, karena jika kalian
geser object tersebut maka parameter tersebut akan hilang. Aturlah parameter
tersebut seperti pada gambar yang ada di bawah ini
3.
Atur view
object ke pandangan top ortho dengan tekan numpad 7 dan 5 lalu setelah itu
rotate object dengan tekan R lalu ketik 22.5. maka object tersebut akan
terlihat seperti gambar di bawah ini
4.
Setelah
itu kita masuk ke edit mode lalu
hapus bagian atas dari object cylinder dengan cara seleksi object bagian atas
lalu tekan x atau delete kemudian pilih face. Maka
bagian atas dari object tersebut akan terhapus seperti gambar di bawah
5.
Buatlah
curve lingakaran dengan cara shif+ A setelah
itu pilih curve lalu pilih nurbs cirle. agar circle menghadap
tepat mengahadap pandangan kita maka atur align to view. Nurbs circle disini
akan difungsikan sebagai alat untuk memotong object
6. Kemudian posisikan circle seperti pada gambar
di bawah ini. Lalu seleksi silinder dan circle dan masuk ke edit mode.
7.
Selanjutnya
pilih knife project, pastikan cut through aktif agar sisi lainya ikut terhapus.
8. Untuk menghapus bagian yang terseleksi yaitu
dengan menekan x atau del lalu pilih faces
9. Lalukan hal yang sama untuk sisi yang lainya
maka akan object tersebut akan menjadi seperti gambar di bawah ini. Gambar di
bawah sudah menyerupai asbak akan tetapi masih belum sempurna
10.
Maka untuk
memberikan evek tebal pada object tersebut, maka masuk ke object modifiers atau
yang bergambar seperti kunci inggris seperti di bawah
11.
Setelah itu
Agar asbak memiliki massa aturlah parameternya seperti pada dibawah yaitu
dengan thickness dengan angka 0,5
setelah melalui prose di atas maka object asbak kita sudah jadi. setelah semua sudah dilakukan maka object asbak akan seperti gambar di bawah ini
object tersebut belum ada pewarnaan, dan bisa kita kita warnai sendiri sesuai dengan kemauan dan keinginan kita sendiri. juga bisa ditambahkan object object lainya