Membuat Object Asbak Dengan Aplikasi Blender


Membuat object menggunakan aplikasi blender memang untuk sebagian orang ada yang mengganggap mudah dan sulit. Tergantung dari kebiasaan masing masing. untuk kali ini saya akan membuat object asbak di aplikasi blender. Unuk kali ini saya menggunakan aplkikasi blender 2.79. sebenarnya tidak ada perbedaan yang cukup jauh dengan versi yang lainya. Sebelum membuat object terlebih dahulu buka aplikasi blender.
1.       Langkah yang pertama adalah buat silinder dengan cara shif + A pilihlah mesh → cylinder atau bisa juga dengan klik tombol create di samping kiri dan pilih cylinder

2.       Aturlah parameter object cylindernya sebelum parameternya hilang, karena jika kalian geser object tersebut maka parameter tersebut akan hilang. Aturlah parameter tersebut seperti pada gambar yang ada di bawah ini


3.       Atur view object ke pandangan top ortho dengan tekan numpad 7 dan 5 lalu setelah itu rotate object dengan tekan R lalu ketik 22.5. maka object tersebut akan terlihat seperti gambar di bawah ini

 
4.       Setelah itu kita masuk ke edit mode lalu hapus bagian atas dari object cylinder dengan cara seleksi object bagian atas lalu tekan x atau delete kemudian pilih face. Maka bagian atas dari object tersebut akan terhapus seperti gambar di bawah



5.       Buatlah curve lingakaran dengan cara shif+ A setelah itu pilih curve lalu pilih nurbs cirle. agar circle menghadap tepat mengahadap pandangan kita maka atur align to view. Nurbs circle disini akan difungsikan sebagai alat untuk memotong object

6.       Kemudian posisikan circle seperti pada gambar di bawah ini. Lalu seleksi silinder dan circle dan masuk ke edit mode.


7.       Selanjutnya pilih knife project, pastikan cut through aktif agar sisi lainya ikut terhapus.

8.       Untuk menghapus bagian yang terseleksi yaitu dengan menekan x atau del lalu pilih faces 


9.       Lalukan hal yang sama untuk sisi yang lainya maka akan object tersebut akan menjadi seperti gambar di bawah ini. Gambar di bawah sudah menyerupai asbak akan tetapi masih belum sempurna


10.   Maka untuk memberikan evek tebal pada object tersebut, maka masuk ke object modifiers atau yang bergambar seperti kunci inggris seperti di bawah

11.   Setelah itu Agar asbak memiliki massa aturlah parameternya seperti pada dibawah yaitu dengan thickness dengan angka 0,5
setelah melalui prose di atas maka object asbak kita sudah jadi. setelah semua sudah dilakukan maka object asbak akan seperti gambar di bawah ini
object tersebut belum ada pewarnaan, dan bisa kita kita warnai sendiri sesuai dengan kemauan dan keinginan kita sendiri. juga bisa ditambahkan object object lainya