Manfaat Medsos Bagi Pelajar


hampir semua manusia di planet ini menggunakan media sosial. hal itu membuat media sosial juga berpengaruh terhadap para pelajar. Para pelajar di sekolah menengah atas(SMA), sekolah menengah pertama(SMP) bahkan para pelajar di sekolah dasar(SD) juga tidak luput dari pengaruh medsos. Bisa di ibaratkan medsos itu seperti singa liar di hutan. Jika bisa menjinakan singa itu maka kita tidak akan mendapat bahaya. Akan tetapi jika tidak bisa menjinakan maka singga itu akan menjadi bahaya bagi kita. Ada beberapa sisi negatif medsos. Akan tetapi yang saya ingin bahas adalah manfaat medsos bagi pelajar.Berikut manfaat medsos bagi pelajar

1.    Melanjutkan pembahasan materi di sekolah
Jam belajar di sekolah sangatlah terbatas, oleh karena itu adanya medsos bisa di manfaatkan para pelajar untuk melanjutkan pembahasan materi di medsos. Seperti berdiskusi di grup whatsapp ataupun berdiskusi melalui grup bbm. Tentu hal ini sangat membantu para pelajar.
2.     Berbagi materi
Bayangkan jika rumahmu dan temanmu jauh lalu temanmu meminta materi pembelajaran,apakah kalian akan mengantarkanya?
Hal tersebut akan menjadi mudah jika kita memanfaatkan medsos maka untuk mengirim materi tersebut akan lebih mudah hanya dengan klik. Contohnya saat kita mengirim dokumen melalui aplikasi whatsapp. Maka kita tidak harus mengantarnya dengan susah payah.
3.     Berdiskusi pekerjaan rumah
Jika mempunyai teman dengan jarak yang jauh maka tidak mungkin untuk berdiskusi mengenai pekerjaan rumah. Maka dengan adanya media sosial maka kita bisa berdiskusi online selama smartphone terhubung dengan internet. Hal ini cukup memudahkan para pelajar karena mereka yang belum paham mengenai suatu materi akan mudah untuk bertanya kepada yang lainya yan lebih paham.
4.     Bertanya tugas kepada guru
Karena dunia sekarang sudah terasa sempit dan kita juga bisa bekomunikasi dengan siapapun. Maka tidak terkecuali untuk kita bertanya mengenai tugas yang diberikan guru yang bersangkutan kepada guru tersebut. Hal tersebut sangat memudahkan para pelajar karena dengan kita bisa bertanya kepada guru yang bersangkutan maka akan lebih paham.

Hal diatas adalah manfaat atau efek positif medsos bagi pelajar. Saran dari saya gunakan media sosial dengan bijak agar tidak dimakan media sosial.

Sekali lagi ‘kita yang mengendalikan medsos bukan medsos yang mengendalikan kita’.