Dampak Positif Media Sosial


    Indonesia merupakan salah satu negara yang sebagian besar rakyatnya menggunakan media sosial. Menurut data dari kominfo 63 juta orang indonesia merupakan pengguna internet dan 95 % adalah pengguna media sosial.
Sangat banyak kan pengguan internet di indonesia.

Karena media sosial itu adalah sebuat alat pastinya memiliki sisi negatif dan positif. Dikatakan tadi bahwa media sosial itu hanyalah sebuah alat, jadi yang membuat media sosial mempunyai dampak negatif dan positif sebenarnya karena manusianya sendiri.
Jika manusia dapat menggunakan media sosial secara bijak maka dia akan mendapat dampak positif. Akan tetapi sebaliknya jika manusia menggunakan media sosial dengan secara tidak bijaksana bisa jadi dampak negatif yang akan dia dapatkan. Dari sebuah media sosial mempunyai banyak sekali dampak negatif maupun dampak positif. Dari sekian banyak dampak positif itu menurut saya pribadi yang juga menggunakan media sosial ada beberapa dampak positif dari sebuah media sosial
1.      Dapat bersilaturahmi jarak jauh
Dengan adanya media sosial seperti facebook, instagram, twiter dll kita bisa memanfaatkan itu sebagai alat komunikasi kepada keluarga atau teman kita yang berjarak jauh dengan kita. Dengan begitu tidak perlu mengunjungi keluarga atau  teman yang jaraknya jauh jika hanya ingin ngobrol saja.
2.      Alat penyebar berita
Alat penyabar berita  itu bukan  hanya yang ada dalam koran atau televisi saja. Media sosial pun dapat sebagai alat untuk menyabar berita. Dengan media sosial berita yang di sebarkan akan mudah di terima oleh banyak orang. Menyebar berita di media sosial juga tidak perlu dipungut biaya. Akan tetapi meyebar berita di media sosial haruslah berita yang benar jangan menyebar berita hoax atau berita yang tidak benar.
3.      Dapat berkomunikasi dengan siapapun
Di dalam media sosial sesorang dapat berkomunikasi dengan siapapun yang ia mau. Misalnya berkomunikasi dengan artis, pemain bola, anggota dpr bahkan dapat juga berkomunikasi dengan bapak presiden. hal ini pastinya memudahkan kita dalamberkomunikasi. Akan tetapi berkomunikasi dengan media sosial juga harus bijaksana, jangan berbicara kotor ataupun berbicara hal yang dapat membuat kegaduhan.
4.      Berbagi cerita
Mungkin bagi sebagian kalangan yang tidak mempuyai teman bercerita bisa memanfaatkan media sosial untuk bercerita. Caranya dengan menuliskan cerita tersebut di status atau yang lain. hal ini mungkin dapat membantu sabagian kalangan yang tdak mempunyai teman untuk bercerita di dunia nyata. Lagi lagi saya katakan bijaksanalah jika ingin becerita di media sosial jangan sampai mengumbar  rahasia rahasia yang dimiliki. Sebab apapun yang ditulis di media sosial dapat bebas di akses oleh semua orang dari berbagai kalangan.
5.      Alat dakwah
Dakwah bukan hanya dapat dilakukan di dunia nyata saja melainkan dakwah juga bisa dilakukan di dunia maya. Kita dapat menybarkan hal hal yang dapat menuntun para pembaca untuk menjadi seorang yang lebih baik daripada hari kemarin. Sebarkan ajaran yang baik dan benar bukan ajaran yang menyesatkan.
5 hal diatas merupakan hal positif yang bisa didapat dari adanya media sosial. Sebenarnya masih banyak hal positif dari media sosial. Gunakanlah media sosial dengan bijaksana jangan mengumbar hal yang berbau sara jangan membuat kegaduhan di media sosial.
Kendalikan media sosial bukan media sosial yang mengendalikan.