Mengenal Teknik Fotografi Panning




Panning merupakan salah satu teknik dalam suatu fotografi yang memfoto suatu object yang sedang bergerak dengan hasil object yang bergerak tersebut akan terlihat jelas sedangkan object yang menjadi latar belakang atau background yang merupakan benda diam akan terlihat kabur karena adanya efek dari suatu gerakan. Untuk mendapatkan foto panning yang bagus maka dalam menfoto object yang bergerak tersebut harus menggunakan suatu teknik khusus. Dalam melakukan teknik ini kita harus mengikuti gerakan dari object yang bergerak. Tombol shuter harus di lepaskan saat kamera sedang bergerak mengikuti arah dari object yang sedang bergerak.


Dalam melakukan teknik panning ada beberapa tips dan trik yaitu
1.       Menggunakan triport
Triport sangatlah penting dalam teknik fotografi panning karena akan mempermudah menggerakan kamera saat mengikuti object berjalan yang akan dijadikan object foto. Meskipun tanpa menggunakan tripot juga bisa. Akan tetapi itu akan sedikit sulit karena tanpa menggunakan tripoort sangat riskan untuk terjadi guncangan pada kamera.
2.       Cari tempat yang bebas
Penentuan tempat ini juga  harus diperhatikan sebab jika berada di tempat yang terhalang sesuatu. Maka saat  kita akan mengambil foto object tersebut bisa jadi tidsk sksn optimal karena terhalang sesuatu di depan kita. Oleh karena itu maka perhatikan juga tempat dimana untuk mengambil foto.
3.       Terus mencoba
Apabila gagal dalam percobaan yang pertama jangan pernah sesekali untuk putus asa. Karena putus asa itu tidak akan pernah membuat  orang menjadi yang lebih baik. Dalam dunia fotografi ketidak berhasilan dalam mengambil object memanglah sudah biasa.
4.       Terus belajar
Terus belajar merupakan hal yang sangat penting dalam hal apapun karena tidak akan ada suatu hasil yang instan. Semua itu ada prosesnya maka terus belajar adalah hal yang sangat penting.

Hal hal diatas merupakan pengertian dan tips teknik fotografi panning. Semoga saja artikel ini bermanfaat bagi siapapun yang membacanya