Perbedaan Animasi 3D Dengan Animasi 2D



Sebelum membahas perbedaan animasi 2D dan animasi 3D alangkah baiknya untuk mengetahui pengertian animasi. Menurut Ibiz Fernandes Animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.
Animasi memang terbagi menjadi 2 yaitu animasi 2D dan animasi 3D akan tetapi belum banyak yang mengetahui perbedaan dari kedua animasi tersebut. Sebenarnya hanya dengan melihat animasi seharusnya harus  sudah mengetahui perbedaan dari animasi 2D dan 3D. Akan tetapi secara teori perbedaan animasi 2D dan animasi 3D yaitu: animasi 2D adalah animasi yang hanya mempunyai tinggi dan lebar saja. Secara teknis animasi 2 dimensi hanya mempunyai 2 titik koordinat yaitu titik x dan y. Sedangkan animasi 3 dimensi adalah suatu animasi yang mempunyai tinggi, lebar dan kedalaman. Animasi 3 dimensi mempunyai 3 titik koordinat yaitu x,y, dan z. Animasi 3 dimensi juga memiliki object yang mempunyai elemen elemen pembentuk object. Elemen elemen yang dimaksud yaitu vertex, edge, dan juga face.


Bukan hanya dari pengertian ataupun bentuk dari animasi 2D dan 3D saja yang berbeda akan tetapi dari aplikasi untuk pembuatnya pun berbeda. Contoh aplikasi untuk membuat animasi 2D yaitu adobe flash. Sedangkan untuk membuat animasi 3D contohnya adalah Blender. Sekian postingan saya semoga bermanfaat.